STAI Ahsanta Jambi

Tentang STAI Ahsanta Program Studi Pendaftaran Mahasiswa Baru E-Journal Video
Berita

Halal bi Halal STAI Ahsanta Dihadiri Wakil Walikota Jambi

operator - Senin, 15 Juni 2020 - 15.28 WIB

JAMBI –  Meski dalam suasana yang cukup sederhana, Wakil Walikota Jambi, Dr dr H Maulana MKM kemarin (Sabtu/13/6) menghadiri Halal bi Halal Civitas Akademika Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ahsanta Jambi. Halal bi halal yang dihadiri dosen dalam jumlah terbatas tersebut, berlangsung hikmat. Wakil Walikota Jambi berharap STAI Ahsanta Jambi bisa berkontribusi dalam pengembangan SDM di Kota Jambi khususnya, dan provinsi Jambi umumnya. Terlebih dimusim Corona ini, dimana masyarakat banyak terdampak secara ekonomi.

”STAI Ahsanta Jambi dengan biaya yang murah, fasilitas yang memadai, dosen yang kredibel saya harap bisa berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita generasi muda, harapan bangsa,” terang alumni Program Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Pakuan Bogor tersebut.

Lebih lanjut dia mengharapkan kepada sivitas akademika untuk mewujudkan pelayanan pendidikan yang bermutu dan menyenangkan. Meskipun pelayanan pendidikan saat ini dilakukan dengan media daring, tapi diharapkan bisa menyenangkan mahasiswa.

”Dalam era saat ini, kampus dan dosen itu jangan lagi menjadi hal yang menakutkan mahasiswa, tapi adalah sesuatu yang dirindukan mahasiswa. Oleh karena itu pelayanan jasa pendidikan itu harus menyenangkan,” tukas suami dari Ketua STAI Ahsanta, Dr dr Hj Nadiyah SPoG ini.

Sementara itu, Wakil Ketua III STAI Ahsanta, Dr H Maryadi Syarif  MPd mengatakan bahwa tahun ini selain menyediakan layanan pesantren mahasiswa, STAI Ahsanta Jambi juga menargetkan alumninya bisa berbahasa Inggris baik secara tekstual maupun conversation atau percakapan. Untuk itu katanya, pihak STAI telah menandatangani MoU dengan lembaga pendidikan dari Pare,  Kediri.

”Kita ingin mengadopsi sistem pembelajaran bahasa Inggris seperti yang diterapkan di Pare, Kediri tersebut. Nanti kita implementasikan ke mahasiswa dan dosen yang ada di sini,” tukas mantan Bupati Sarolangun tersebut.

Menurut mantan Kepala Kantor Kemenag Kota Jambi ini, kegiatan kemahasiswaan di kampus ini juga semakin menggeliat. Hal ini didorong oleh organisasi mahasiswa di kampus tersebut yang sudah terbentuk mulai dari Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEM) hingga Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) termasuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti Tari dan Pencak Silat.

”Kedepan kita juga akan menghimpun alumni STAI Ahsanta untuk menggelar pertemuan akbar, dan itu sudah kita rancang. Hanya saja terhalang Corona ini, kita belum bisa melaksanakan kegiatan itu,” tegas Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sarolangun tersebut.

Sedangkan Wakil Ketua I STAI Ahsanta Jambi, Dr (Kand) Usman El Qureisy MFIll menyebutkan halal bi halal ini sengaja dilakukan dalam jumlah terbatas, karena mengikuti protokol Covid 19. Selain itu juga, para peserta kegiatan menjaga jarak dan wajib bermasker. ”Pembelajaran masih kita lakukan dengan media daring, tapi sejak pemberlakuan New Normal dalam jumlah terbatas dosen dan pegawai sudah stanby di kampus, dan tetap mematuhi protokol Covid 19,” sebut mahasiswa Program Doktor UIN Raden Fattah, Palembang ini.

STAI Ahsanta sendiri katanya, konsisten memberikan pendidikan bermutu dan murah ke peserta didik. Dan tahun inipun katanya, tidak ada kenaikan pembayaran SPP mahasiswa. Dalam satu semester katanya, mahasiswa reguler hanya dibebankan SPP Rp. 600.000 ditambah dengan biaya Satuan Kredit Semester (SKS) Rp. 40.000. Jika dijumlahkan lanjutnya, satu semester mahasiswa hanya dibebankan SPP Rp. 1.500.000 dan bisa dicicil. Selain itu, katanya, disediakan beragam beasiswa dari mulai bidik misi hingga S2 gratis ke Sudan.

”Saya kira kampus Ahsanta ini adalah pilihan yang tepat untuk kuliah, karena ada tujuh prodi yang ada di sini, yakni Ekonomi Syariah dengan gelar SE, Hukum Tata Negara (Siyasah) dengan gelar SH, Komunikasi Penyiaran Islam dengan Gelar SSos, dan beberapa prodi lain dengan gelar SPd yakni PGMI, MPI, Tadris Bahasa Inggris, dan PIAUD,” terang putra Tabir, Merangin ini.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, saat ini mahasiswa dari luar kota yang ingin mendaftar tidak perlu harus datang ke Jambi, cukup mendaftar lewat website pmb.ahsanta.ac.id. Tapi bagi yang ingin datang ke kampus bisa ke Jalan Laside, Jelutung Jambi yakni depan Kantor KUA Jelutung. ” Kampus kita sudah terakreditasi oleh BAN PT dan insyaallah, kampus kita kedepan juga akan berubah menjadi Institut Agama Islam Muhammad Azim Jambi,” terang Ketua PW Lazis NU Provinsi Jambi tersebut. (arm)

Berita Terbaru

Copyright © 2020 STAI Ahsanta